Varietas Tebu

Faktor lingkungan memberi pengaruh yang cukup nyata terhadap tingkat produktivitas tanaman tebu, sehingga meskipun varietas tersebut secara genetik unggul namun belum tentu memberikan tingkat produktivitas sesuai dengan potensinya apabila tidak didukung oleh kondisi lingkungan yang cocok. Suatu varietas unggul tebu mempunyai persyaratan kesesuaian lokasi yang dapat berbeda satu sama lain. Ada varietas yang cocok untuk lahan kering, ada pula yang cocok untuk lahan berpengairan. Ada varietas yang tumbuh di tekstur berat, ada pula yang sesuai untuk tekstur ringan. Demikian juga ada varietas toleran terhadap drainase yang buruk, ada pula yang hanya mampu tumbuh pada drainase yang baik.  Produktivitas yang optimal dapat dicapai dengan penempatan varietas sesuai dengan tipologi wilayah yang dikelola untuk pertanaman tebu. Penanaman varietas tebu pada tipologi yang tidak tepat akan menurunkan produktivitas.


Pemilihan varietas harus memperhatikan sifat-sifat varietas unggul yaitu, memliki potensi produksi gula yang tinggi melalui bobot tebu dan rendemen yang tinggi; memiliki produktivitas yang stabil dan mantap; memiliki ketahanan yang tinggi untuk keprasan dan kekeringan; serta tahan terhadap hama dan penyakit. Varietas tebu berdasarkan masa kemasakannya dapat dibedakan menjadi tiga,yaitu:
1. Varietas Genjah (masak awal), mencapai masak optimal + 8-10 bulan.
2. Varietas Sedang (masak tengahan), mencapai masak optimal pada umur + 10-12 bulan.
3. Varietas Dalam (masak lambat), mencapai masak optimal pada umur lebih dari 12 bulan.
Beberapa varietas unggul yang telah dilepas oleh Menteri Pertanian dapat dilihat pada Tabel 1. Mengingat masa panen tebu dilakukan pada saat yang relatif serempak, akan tetapi ditanam pada waktu yang lebih panjang karena bergiliran, maka perlu diatur komposisi penanaman varietas dengan umur masak yang berbeda, yaitu masak awal, masak tengah dan masak lambat. Komposisi varietas dengan tingkat kemasakan masak awal, masak tengah dan masak lambat yang dianjurkan berdasarkan luas tanam adalah 30:40:30.


Arikel Banyak Dicari

Deskripsi Tebu Varietas BULULAWANG

Penyiapan Lahan dan Penanaman Tebu

Deskripsi Varietas Tebu PS 862

Deskripsi Varietas Tebu PS 864

Deskripsi Tebu Varietas KIDANG KENCANA (Nama Asal PA 198)

Syarat Tumbuh Tanaman Tebu

Deskripsi Varietas Tebu PS 865

Deskripsi Varietas Tebu PS 851

Deskripsi Varietas Tebu PS 863

Pemupukan Tanaman Tebu